Artikel

Komuni Pertama 2020

Komuni Pertama atau Komuni Suci Pertama adalah sebuah tradisi di Gereja Katolik tentang penerimaan hosti pada anak (sakramen atau roti dan anggur) untuk pertama kalinya oleh seseorang yang telah dibaptis secara Katolik. Sebelum menerima komuni, anak-anak diberikan pembekalan tentang pelajaran agama, pengakuan dosa dan sakramen serta tata cara di gereja Katolik. Makna komuni pertama atau sambut baru bagi anak-anak adalah menerima langsung Kristus yang ada di dalam hosti (sakramen) yang terberkati dan sekaligus menjadi pembimbing bagi anak-anak secara pribadi. Oleh karena itu, komuni pertama merupakan kesempatan yang sangat personal karena anak-anak dapat menerima tubuh Kristus dan menjadi bagian dari gereja dan diterima menjadi anggota gereja Katolik.

Tulisan ini akan melaporkan tentang penyelenggaraan komuni pertama yang dilaksanakan di Paroki Duren Sawit, Jakarta Timur. Penyelenggaraan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun yang sebelumnya, karena pandemi yang melanda Indonesia. Masa Pandemi Covid-19 yang mulai melanda Indonesia di tahun 2020 membuat berbagai aspek kehidupan terpaksa berubah, termasuk kehidupan dan kebiasaan dalam beribadah dan melakukan kegiatan keagamaan. Penerimaan Komuni Pertama bagi calon penerima yang sedang menjalankan pembinaan sejak bulan Januari 2020 juga mengalami dampaknya.

Sejak pertengahan Maret 2020 pembelajaran dilakukan secara daring, baik di sekolah-sekolah maupun kelompok binaan yang ada di Paroki Duren Sawit, yaitu SD Strada Van Lith II, SD Strada Dipamarga, SD Budhaya, Kinderfield School, St. Anna dan St. Yoakhim. Pembinaan berlangsung sampai dengan Bulan Agustus 2020. Kemudian semua menunggu keputusan dan pedoman dari KAJ untuk penerimaan Komuni Pertama.

Pada tanggal 10 Februari 2021, Keuskupan Agung Jakarta mengeluarkan Surat Keputusan No. 074/3.5.1.2/2021 yang berisi tentang pedoman umum untuk pelaksanaan penerimaan Komuni Pertama di paroki masing-masing. Penerimaan Komuni Pertama di masa Pandemi diatur sedemikian rupa agar memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat dan sebaik mungkin untuk menghindari dan mengurangi resiko penyebaran Covid-19, khususnya bagi anak-anak.

Para calon penerima Komuni Pertama diarahkan untuk menerima Komuni Pertama di paroki masing-masing. Mereka yang mengikuti pembinaan di sekolah ataupun kelompok yang berada di luar paroki tempat tinggal, akan diberikan surat pengantar oleh para pembinanya untuk dapat diikutsertakan dalam penerimaan Komuni Pertama di paroki masing-masing.

Pada masa awal pembinaan, Paroki Duren Sawit membina 125 calon peserta. Setelah pemberlakukan SK tersebut, Seksi Katekese memberikan Surat Pengantar kepada tujuh Paroki, yaitu Pulo Gebang, Harapan Indah, Kranji, Rawamangun, Bidaracina, Jatiwaringin, dan Taman Galaxi, agar anak-anak yang telah selesai mengikuti pembinaan di Paroki Duren Sawit dapat menerima Komuni Pertama di Paroki mereka tersebut.

Koordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti para pembina di setiap kelompok binaan, para orang tua calon penerima Komuni Pertama, Dewan Paroki, Tim TGKP, persiapan penerimaan Komuni Pertama pun mulai dilakukan. Seksi Katekese juga berkoordinasi dengan para katekis dari berbagai paroki untuk menerima calon penerima Komuni Pertama yang telah selesai dibina di sekolah atau kelompok yang berlokasi di luar paroki Duren Sawit. Dua puluh  dua (22) anak dari tempat pembinaan di luar paroki diterima, meliputi: SD Tarakanita V, SD St. Vincentius, SD. St. Maria Fransiska, SD Marsudirini dan Kelompok CFJ (Catholic Fellowship Jakarta). Semua calon penerima Komuni Pertama dari Paroki Duren Sawit berjumlah 122 orang anak.

Dengan adanya pembatasan jumlah peserta yang mengikuti Perayaan Ekaristi penerimaan Komuni Pertama,  pelaksanaannya dibagi menjadi 5 gelombang, dengan batas kuota maksimal per gelombang sebanyak 25 anak. Jadwal penerimaan Komuni Pertama per gelombang:

 

Gelombang Kelompok Waktu
I Strada Van Lith II

Strada Dipamarga

Sabtu, 10 April 2021

Pkl 17.00

II Strada Van Lith II

St. Anna

Sabtu, 17 April 2021

Pkl 17.00

III Strada Van Lith II

Budhaya

Jumat, 23 April 2021

Pkl 17.00

IV St. Anna

Kinderfield

Sabtu, 01 Mei 2021

Pkl 17.00

V Yoakhim

Tarakanita V

Sabtu, 08 Mei 2021

Pkl 17.00

Dalam Perayaan Ekaristi penerimaan Komuni Pertama, Romo Agustinus Rudy Chandra, SJ dengan setia mendampingi seluruh gelombang penerimaan Komuni Pertama. Sedangkan Romo Albertus Sadhyoko Rahardjo, SJ dan Romo Adrianus Padmaseputra, SJ secara bergiliran mendampingi sebagai konselebrannya.